@wennyg
sinner that saved by JESUS
Yarra River, Melbourne
   
 
 
POSTS
Lawang Sewu, beneran horor?
Tiket masuknya murah meriah, dan sudah dikelola oleh Kereta Api Indonesia, jadi semuanya terawat dengan baik...

Bisa di-foto dari lantai atas...

Jadi kenyataannya, tidak semenyeramkan yang dibayangkan... untuk memastikan sejarahnya, tanyakan ke petugas disana istilah kerennya tour leader lah...

Ini hanya harga tiket masuknya ya, untuk tour leader-nya ada tambahan 75rb, tapi puas loh, dijelaskan dengan detail sebenarnya apa sih Lawang Sewu itu

Sejarah Lawang Sewu ini tak lepas dari sejarah perkeretaapian di Indonesia karena dibangun sebagai Het Hoofdkantoor van de Nederlandsch-Indische Spoorweg Maatscappij (NIS) kantor pusat perusahaan kereta api swasta yang pertama kali membangun jalur kereta api di Indonesia, menghubungkan Semarang dengan 'Vorstenlanden' (Surakarta dan Yogyakarta) dengan jalur pertama Semarang-Tanggung 1867.

Jadi ini adalah awalnya kantor Kereta Api Belanda, dengan kontruksi yang kuat banget... dengan ukuran tembok yang dibangun bersilang, penggunaan besi yang gede banget... dan dijelaskan juga Spoorweg yang berarti kereta ini lah yang menyebabkan banyak orang Jawa yang bilang kereta dengan sepur.



Nama Lawang Sewu berasal dari julukan (paraban bahasa jawa) yang diberikan masyarakat Semarang. Lawang memiliki arti 'pintu' dan Sewu memiliki arti 'seribu', sebuah toponim terhadap bangunan ini sejak berpuluh tahun lalu karena memiliki pintu yang jumlahnya sangat banyak.

Pada kenyataannya, daun pintu dan jendelanya, tidak sampai seribu, hanya ada 928 saja... lihat saja foto-foto yang ada, banyak sekali daun pintu dan jendelanya... Karena awalnya adalah kantor, jadi ruangan-nya hampir semua kosong.



Masa Perencanaan & Perancangan Direksi NIS di Den Haag menyerahkan perencaan Het Hoofdkantoor vande NIS ini kepada Prof. Jacob F. Klinkhamer dan B.J Ouendag, arsitek dari Amsterdam. Masa Pembangunan Pelaksanaan pembangunan dimulai 27 Februari 1904 dan selesai Juli 1907. Bangunan pertama yang dikerjakan adalah rumah penjaga dan bangunan percetakan, kemudian dilanjutkan dengan bangunan utama. Setelah dipergunakan beberapa tahun, perluasan kantor dilaksanakan dengan membuat bangunan tambahan di sisi Timur Laut tahun 1916 - 1918.

Perencanaannya sampai posisi daun jendela, awalnya kita pikir ada salah nih jendela dibuat terbalik, ternyata itu sengaja dikarenakan jaman dulu kantor itu banyak dokumen (kertas-kertas) jika jendela dibuat seperti biasa, maka kertas tersebut akan udah untuk beterbangan jika ada angin, ini dibuat terbalik supaya dokumen aman dan tetap ada sirkulasi udara...



Bagian horornya? Ternyata itu adalah ruangan basement pada gedung baru, dan isinya adalah instalasi listrik untuk Lawang Sewu bukan penjara seperti berita yang berseliweran... supaya berita tersebut tidak semakin berkembang tidak benar sekarang ditutup.

Cerita yang menyeramkan itu diawali dari salah stasiun TV yang bikin acara uji nyali di gedung yang sudah tidak dihuni... jadilah gosip-gosip tersebut.
Pada saat acara tersebut berlangsung, gedung Lawang Sewu ini tidak terurus, jadilah menyeramkan... cocok donk buat lokasi syuting..

Pintu menuju ruang bawah tanah yang katanya horor itu

Isinya bukan hanya pintu dan ruangan kosong, tetapi juga ada sejarah tentang kereta dari jaman Belanda dan juga peralatan kereta..
Kalo ditanya serem ga? ya ngak lah perginya siang, tapi kalo malam.... hmmmm .... lumayan sih, soalnya ga ada lampu ya... trus lorong-lorong kosong.... Jadi bisa semacam uji nyali juga kali ya....

Salah satu contoh alat buat pengalihan jalur kereta pada zamannya

Lawang Sewu
#Indonesia #LawangSewu #Museum #Semarang,JawaTengah
last update : 01 May 2022
 

 
mau kulineran medan, semuanya ngumpul disini
Kulineran medan mah ga usah jauh-jauh, langsung aja ke muara karang ... enak semuah..

 
 
 
 
Blog Post

 
yang gue tau, namanya Bakmi Moyan
Mie goreng yang udah jualan dari tahun 60-an dan ini rekomendasi dari nyokap alias emak gue... yang katanya jualan dari nyokap gua masih muda euy...
read more
 
makan 'Authentic Italian Pizza' ga usah ke Italy
Gak pake passport atau ajukan visa, uda cuss ke tanjung barat aja… uda ada pizza asli Italy… yang bikin aja chef orang Italy, namanya Chef Max..
read more
 
Less than 50 minutes...
Yups... kurang dari 50 menit, tidak sampai 1 jam ...
Waktu 1 jam, jika untuk ngobrol sama teman akan terasa cepat waktu berjalan.... untuk renang non stop, mungkin akan terasa lelah karena olah raga... tapi bagaimana waktu kita jika dipakai untuk ngobrol sama TUHAN ?
read more
Mewah tapi kok instant
Iyoii.... namanya juga Bakmi Mewah... tapi tetep mie instant ... cuman toppingnya aja yang uda matang dan tinggal tuang nih
read more
 
Namanya sesuai dengan warnanya… KUE IJO
Salah satu kue kesukaan nyokap yang dulu jarang banget yang jual, sekarang uda banyak nih…
read more
 
cobain macam-macam pie mcDonald
lagi inget-inget, pie mcd apa aja yang pernah gue cobain...
read more
 
Nasi Campur enak khas Kalimantan
Dengan ciri khas kuah kental putih plus wangi bawang putih....itu lah nasi campur khas kalimantan
read more
 
Japanese Food tapi di pinggir jalan
Makan malam yang ngemper kaki lima yang uda lama mau di-coba tetapi selalu rame...
read more
 
Chinese Food dengan rasa jadul
Terletak di food court yang jadul.... dan juga lebih terasa memory-nya, karena waktu kecil sering diajak mama kesini.... ada banyak pilihan makanan (yah namanya juga food court ya) ... dan hampir semuanya memberikan kenangan tersendiri.
read more
 
Resto Delima, tapi bukan jual buah delima
ya, tapi jualnya makanan ala indonesia dong....
read more
 
mau kulineran medan, semuanya ngumpul disini
Kulineran medan mah ga usah jauh-jauh, langsung aja ke muara karang ... enak semuah..
read more
 
menu lengkap per-babi-an di Pig Hunter
Mencoba resto non halal dengan yang menunya lengkap banget... jadi itu lah yang membuat penasaran.
read more
 
next

 
 

 


Apa yang kita perlu, itu yang DIA berikan

Tetapi seperti ada tertulis: "Apa yang tidak pernah dilihat oleh mata, dan tidak pernah didengar oleh telinga, dan yang tidak pernah timbul di dalam hati manusia: semua yang disediakan Allah untuk mereka yang mengasihi Dia." (1 Korintus 2:9). Ayat ini mungkin sudah sering didengar, dibacakan, tapi apakah sering kita sadari atau rasakan? Setiap pagi aku dan suami meng
 
read more