@wennyg
sinner that saved by JESUS
Eureka Skydeck, Melbourne
   
 
 
POSTS

Museum tentang Kain Sutera nih



Berlokasi di daerah Siam, dan masuk gang sedikit tetapi tidak mengurangi keindahannya. Ada alasan ternyata kenapa ada "House", karena ini bukan hanya museum tetapi juga merupakan rumah dari Jim Thompson.


Setelah membayar tiket masuk sebesar 150 baht kita akan dipersilahkan menunggu karena ada tour tersendiri. Gratis looh tour ini (sudah temasuk dari harga tiket kali yeee), yang akan menjelaskan dari isi rumah Jim Thomson saya terkesan banget.

Disambut dengan patung, guci dan banyak pepohanan yang membuat cuaca panas menjadi sejuk, sambil dijelaskan oleh staff tournya.

Rumah museum ini merupakan perpaduan antara budaya Barat dan Thailand. Salah satu contohnya terdapat tempat persembahyangan yang menjadi kewajiban sebelum mendirikan rumah di Thailand.

- tempat sembahyang yang wajib ada pada rumah di Thailand -


Sayangnya kita tidak diperbolehkan untuk mengambil foto dari isi rumah yang sudah dijadikan museum ini. Jadi cuman bisa lihat saja.

- salah satu bagian dari Jim Thomson House -

Kehidupan Jim Thompson
Jim Thompson seorang kelahiran Greenville, Delaware, Amerika pada tahun 1906 yang jatuh cinta dengan kain sutera Thailand. Jim memutuskan untuk pindah ke Thailand setelah kunjungan pertamanya pada tahun 1945.

Bisnis sutera Jim tidak dibangun dalam waktu singkat, terdapat persaingan dengan dengan kompetitor yang bisa menyediakan bahan yang lebih murah yang terbuat dari mesin. Namun kualitas yang diberikan oleh produk Jim sangat memuaskan dan ketika dibawa ke New York banyak yang menyukainya. Kemudian beliau kembali ke Bangkok dengan beberapa pemegang saham, dan inilah awal dari Thai Silk Company, Ltd.

Salah satu kain sutera-nya digunakan pada pembuatan film 'The King and I', hal inilah yang menjadikan titik balik dari perkembangan kain sutera-nya dan bisa diperkenalkan ke designer dan dekorator secara mendunia.

Pada Maret 1967, bersama temannya Jim berlibur ke Cameron Highland, Malaysia kemudian menghilang dan itu menjadi misteri sampai sekarang, karena Jim tidak ditemukan.

Jim Thompson Silk Road
Pada bagian dekat pintu keluar (setelah mini tour), terdapat penjelasan tentang proses dari pembuatan kain dari kepompong..

- Jim Thompson Silk Road 1 -

- Jim Thompson Silk Road 2 -

- Jim Thompson Silk Road 3 -

- Jim Thompson Silk Road 4 -


Kepompong Sutera
Sedangkan pada bagian depan sebelum keluar, terdapat banyak contoh kepompong yang kemudian yang akan dijadikan kain.

Reeling - Proses dimana kepompong diguncangkan yang merupakan bahan mentah dari pembuatan sutera. Mengguncangkan kepompong ini menggunakan wadah khusus dari kayu dan harus dengan kemampuan khusus untuk menghindari kerusakan.

White Cocoon - Biasanya dikembangbiakan oleh Jepang, China atau India. Ulat yang berumur 1 bulan akan berhenti makan dan mulai memintal dan memerlukan waktu kurang lebih 3 hari untuk menyelesaikan proses pemintalan tersebut. Proses ini tidak boleh diganggu, karena bila diganggu maka proses pemintalan akan diulang kembali.
Hasil pemintalan dari 1 kepompong akan menghasilkan kurang lebih 1 mil benang silk.

Yellow Cocoon - Kepopmpong bisa berwarna putih, kuning sampai keabu-abuan. Namun yang berwarna kuning merupana warna asli dari sutera Thailand, yang akan menghasilkan warna keemasan dan akan menjadi keunikan dari sutera Thailand.


Berikut beberapa foto yang masih diperbolehkan untuk di foto dan berada pada bagian luar dari rumah.

Guci ini memiliki motif yang sama dengan ukiran kayu yang ada diatasnya, dan kayu yang diatas merupakan cetakan untuk membuat motif pada kain yang dibuat.

Patung budha yang ditemukan sudah tidak ada kepalanya ini berasal dari abad ke 7 atau 8, yang dipajang pada bagian masuk sebelum tour dimulai.

Suasana pepohonan disekitarnya, adem bener walau cuaca panas..


Bertempat di bagian agak belakang, tersimpan lukisan-lukisan namun berupa lembaran cerita, sayang sekali tidak ada orang yang menjelaskan ataupun keterangan di sekitarnya.


Berlokasi bersebelahan dengan lukisan-lukisan, tersimpan koleksi beberapa keramik dan patung.



#Bangkok #JimThompson #JimThomsonHouseMuseum #Museum #Silk #Thailand #Travelling
last update : 12 Oct 2016
 

 
Peninggalan Romawi? Nah ini salah satunya
Kota yang berjaya pada masa zaman Kerajaan Romawi kuno... sayangnya sebagian rusak karena gempa bumi... tapi tetep keren loh...

 
 
 
 
All Post

 
🐲🐲🐲
新年快樂, 恭喜發財
身體健康, 萬事如意
Welcome the year of Dragon

🧧🧧🧧
”Hati manusia memikir-mikirkan jalannya, tetapi Tuhanlah yang menentukan arah langkahnya.“
‭‭- Amsal‬ ‭16‬:‭9‬ ‭TB‬‬ -

🏮🏮🏮
Belajar untuk ga kuatir apa yang akan terjadi, karena TUHAN yang pegang masa depan kita… baik kesehatan, rejeki dan lainnya…
read more
 
Another bucket list checked !!!
Yes! It's helicopter ride...
read more
 
Yang katanya legendaris di Singapore dan konon pelopornya kopi dengan butter....
read more
 
Gara-gara youtube sering ada neh, ga tau namanya apa, tapi kalogue bilangnya 'Popia Singapore'
read more
 
Sebagai penggemar choipan, ada info choipan enak pasti dicari dong.... Waktu sampai lihat dari tampak depan sih rumah biasa.... dan tidak ekspektasi banyak tapi ternyata.....
read more
 
Once again semua karena sosial media.... karena itulah kemari berdua dengan teman...
read more
 
Pas lewat... kayaknya resto baru buka nih, biasanya ga ada ini resto... cuss lah kita cobain...
read more
 
Entah sudah berapa kali lewat, tetapi tidak pernah kepikiran untuk mencoba, ga pernah ramai... tetapi karena referensi teman yang katanya enak banget, jadilah gue mampir..
read more
 
emang sih jadi orang tua ga ada buku panduannya... tapi se-enggaknya buku ini membantu
read more
 
Posisi amigos ... alias Agak MIngir GOt Sedikit, tapi jualannya pakai topping ayam kampung nih
read more
 
Tampak luarnya gak pernah keliatan ramai banget, tapi penasaran juga sih yang katanya khas Palembang
read more
 
Sebenernya gampang dicari, cuman agak ketutup 'papan nama' aja ya sama parkiran mobil.
read more
 
next

 
 

 


Segalanya DIA cukupkan...

"Allahku akan memenuhi segala keperluanmu menurut kekayaan dan kemuliaan-Nya dalam Kristus Yesus." - Filipi 4:19 - Sampai saya tulisan kesaksian ini, satu ayat ini sudah Tuhan buktikan tiga kali dalam kehidupan saya... Nilai ujian pada saat kuliah Saya sedang belajar untuk ujian praktikum pada saat kuliah, dan merasa bahwa... gua ga bisa neh, ga ngerti, dan ga tau ku
 
read more