@wennyg
sinner that saved by JESUS
Pantai Bukit Berahu, Belitung
   
 
 
POSTS

Anak dengan Otak Kanan: Ciri-ciri dan Cara Membantunya dalam Belajar


Anak Otak Kanan yang bermasalah dengan sekolahnya
Para orang tua yang berbahagia....banyak sekali anak-anak yang sulit mengikuti pelajaran di sekolah...., jika hal ini terjadi bisa jadi anak anda adalah anak yang lebih dominan otak kanannya.

Apa sih anak otak kanan, ya seorang anak yang mendapatkan berkah dari Tuhan memiliki kemampuan untuk menjadi seorang pencipta dan penemu hal-hal baru di dunia ini baik dalam bidang seni ataupun bidang sains.

Berdasarkan penelitian anak yang cenderung berotak kanan adalah anak yang otak belahan kanannya lebih dominan dalam berpikir ketimbang belahan otak kirinya. Dan Roger Sperry seorang peneliti otak menemukan bahwa otak manusia bagian berpikir tingkat tinggi terbagi ke dalam 2 belahan yakni belahan kiri dan belahan kanan sesuai letak posisi tangan kita. Masing-masing orang memiliki kecenderungan dominan yang berbeda dalam berpikir. Dari kedua belahan tersebut ada anak yang lebih dominan menggunakan otak kanan, ada yang seimbang tapi ada juga yang lebih dominan otak kiri.

Jika anda tidak percaya bahwa otak memiliki kecenderungan dominan bereaksi, mari kita lakukan test bersama, begini caranya...
1. coba angkat kedua tangan anda....
2. kemudian goyang-goyangkan dan lemaskan jemari-jemari tangan anda...., lalu kemudian pertemukan jemari tangan kanan dengan jemari tangan kiri sehingga persis dalam posisi orang yang hendak berdoa atau memohon.
3. Nah setelah jemari anda saling menggenggam coba lihat posisi ibu jari yang berada paling atas....
4. apakah ibu jari tangan kiri atau ibu jari tangan kanan...? Jika ibu jari kiri yang di atas maka anda adalah dominan otak kiri dan sebaliknya.

Lalu lakukan test ini pada orang lain baik keluarga, anak-anak atau teman-teman kita, lakukan hal yang sama...., perhatikan apakah hasilnya sama pada setiap orang... Jika tidak itulah cara sederhana untuk membuktikan bahwa otak kita memiliki kecederungan yang berbeda dalam berpikir.

Nah mengapa sering kali banyak anak yang bermasalah dengan belajar di sekolah...., karena berdasarkan penelitian ternyata kebanyakan sistem belajar mengajar di sekolah masih menggunakan pola dan cara yang dominan otak kiri. Sementara otak kanan dan otak kiri manusia memiliki perbedaan cara kerja yang sangat jauh dan bahkan saling bertentangan, atau mungkin lebih tepatnya otak kanan dan kiri ada untuk saling melengkapi kekurangan masing-masing.

Namun sayangnya hal ini tidak banyak diketahui oleh para orang tua dan guru di sekolah. Sehingga anak-anak yang seharusnya lahir sebagai para pencipta, desainer, seniman dan ilmuan, mereka semua malah dianggap anak-anak yang gagal. Padahal mereka hanyalah anak-anak yang membutuhkan pendekatan cara belajar otak kanan saja. (di jelaskan dalam buku The Right Brain Child in Left Brain World, by Jefrey Fred & Laurie Parson, Penerbit Karisma-edisi terjemahan)

Prilaku mereka yang sering dianggap bermasalah justru sebenarnya adalah prilaku khas yang dimiliki oleh seorang anak yang dominan otak kanannya, kita dapat mengenali prilaku ini dengan cepat dan mudah... ya tentunya jika kita merasa bahwa anak-anak kita adalah wakil-wakil dari keinginan Tuhannya dan bukan wakil-wakil dari keinginan kita.

Mari kita simak terus pembahasan anak otak kanan di blog ini agar kita bisa membaca tanda-tanda kebesaran Tuhan dalam diri anak-anak kita di rumah dan di kelas.

Mungkin anak kita bukan Bodoh atau Nakal melainkan hanya dominan otak kanannya.


Ciri-ciri umum anak dominan otak kanan:
1. Terlambat bicara dibandingkan anak seusianya
2. Sulit Membaca terutama membaca bersuara
3. Lebih suka ujian Lisan dari pada ujian tertulis
4. Tidak bisa diberi tugas yang dibatasi oleh waktu (cepat panik dan tidak selesai).
5. Kurang suka mengerjakan tugas-tugas yang diperintah melainkan memilih sendiri apa yang ingin dikerjakannya.
6. Sulit mengeja suku kata
7. Sulit mengerjakan soal-soal matematika logika/rumus-rumus terkadang lebih mudah soal cerita atau perlu dengan asosiasi atau contoh-contoh nyata.
8. Sering memandang ke atas dan terlihat seperti melamun (Terbengong/day dreaming)
9. Pada saat berpikir bola matanya bergerak-gerak
10. Kurang suka mencatat (karena proses mencatat menghambat proses visualisasi)
11. Sering membaca terbalik-balik
12. Sulit membedakan huruf d dan b
13. Cenderung lebih suka membuat gambar-gambar.
14. Sering membaca melompat dan beberapa kata tertinggal atau terlompati
15. Bisa membaca dari belakang atau dengan urutan terbalik
16. Jika berbicara tidak runtut dan sistematis
17. Sulit mengungkapkan keinginannya dalam bentuk kata/kalimat
18. Cenderung sensitif dan sangat emosional
19. Sering bicara tidak nyambung dengan pertanyaan
20. Cepat hafal tempat/lokasi dan rute perjalanan
21. Kadang suka berkhayal dan menceritakan fantasinya
22. Konsentrasi rendah pada pekerjaan yang kurang disukainya
23. Konsentrasi tinggi dan lama pada hal-hal yang menarik minatnya.
24. Lebih suka benda/buku yang berwarna-warni

Cara Bekerja otak kanan:
1. Kreatif --> ingin mengetahui hal-hal baru dan menemukan cara-cara baru yang tidak konvensional, melihat alternatif solusi dari berbagai permasalahan.
2. Spasial Tiga Dimensi, mampu melihat dan membayangkan sesuatu secara tiga dimensi; bisa melihat dari kanan ke kiri, atas ke bawah dan sebaliknya. serta membolak balik huruf, angka dan gambar.
3. Memori Fotografi, mampu merekam informasi dalam bentuk gambar-gambar baik dalam bentuk diam atau seperti film yang bergerak. Memiliki papan layar di otaknya.
4. Art --> melihat sebuah pekerjaan sebagai proses seni yang mengandalkan rasa dan estetika yang sering kali tidak bisa dibatasi oleh waktu dan bekerja berdasarkan inspirasi dan mood.
5. Deduktif --> terlebih dahulu harus melihat gambaran besarnya atau hasil akhirnya baru bergerak menyusun langkah demi langkah dan tahapan prosesnya.
6. Random --> Menyusun dan mengolah informasi secara acak, sehingga penyampaian informasinyapun cenderung tidak sistematis.
7. Visual --> Bekerja dalam bentuk gambar; sering kali sulit menuangkan ide gambarnya tersebut kedalam kalimat atau kata-kata yang dipahami.
8. Global --> Lebih menyukai gambaran umum dan kurang menyukai hal-hal detail.
9. Mind Mapping --> Lebih suka dan gampang menulis dalam bentuk pola gambar seperti peta.
10. Model Estetika --> Menilai sesuatu berdasarkan cita rasa dan estetik seni bukan fungsi dan kegunaan.
11. Moody --> Kemampuan berpikir dan bekerja yang sangat dipengaruhi oleh Emosional dan perasaan.
12. Spontan --> Melakukan hal atau sesuatu secara spontan berdasarkan dorongan emosional sesaat. Sering melakukan tindakan dan mengambil keputusan diluar rencana
13. Picky Job --> Hanya mau mengerjakan hal-hal yang menarik perhatiannya. Tidak mudah di suruh/diperintah.
14. Un limited time --> Jika sudah asyik terhadap satu bidang lupa waktu.
15. Konklusif --> Menarik kesimpulan umum dari kepingan-kepingan informasi.
16. Eksekusi 2 langkah --> Merekam informasi baru memaknainya.
17. Inspirational --> bekerja berdasarkan datangnya inspirasi bersifat dadakan dan tidak terencana.

Perbandingan Kerja Otak Kiri dan Kanan:
a. Simbol vs Gambar
b. Runtut/Sekuen vs Acak/Random
c. Logika vs Kreatif/Seni
d. Detail ke Global vs Global ke detail.
e. Setahap demi setahap vs Langsung
f. Proses then memori vs memori then proses
g. Duplikasi vs imaginasi
h. Teratur vs acak dan melompat-lompat
i. Analisis mengurai vs Analisis Kesimpulan
j. Tenggat Waktu vs Bebas Waktu
k. Rencana vs Inspirasi
l. Objek Hitam Putih vs Objek yang berwarna warni

2. Perbedaan Kombinasi Kontinum Otak dan Indera dominan
a. Otak Kiri dengan sensori Visual --> Cenderung Diam, Tegas, Berpikir Runtut, Logika bagus
b. Otak Kiri Auditori --> Cenderung Bicara, Suka berdebat, Logika bagus, cepat menghafal
c. Otak Kiri Kinestetik --> Cenderung diam, Lincah bergerak, Berpikir runtut, logika bagus
d. Otak Kanan Visual --> Suka menghayal, kuat mengingat, cenderung diam, sulit mengeja, suka menggambar, kurang suka mencatat.
e. Otak Kanan Auditori --> Suka bicara, Bicara acak, Bicara khayalan, suka berhandai-handai..., sulit mengeja tapi suka bicara,
f. Otak Kanan Kinestetik --> Cenderung diam, terus bergerak, bergerak tak beraturan, sering melakukan hal-hal yang penuh resiko, pandai membuat sesuatu karya tangannya

Membantu Anak Otak Kanan belajar:
1. Temukan minatnya dan mulai mengajari apapun melalui hal yang menarik minatnya. Jika ia suka mobil bicaralah mulai dari mobil dsbnya.
2. Jika ia ingin belajar sambil bergerak-gerak maka ijinkanlah ia malakukan itu
3. Jelaskan untuk apa kita harus mempelajari sesuatu agar dia bisa melihat gambaran besar dan tujuan akhirnya.
4. Gunakan alat peraga dan contoh-contoh ilustrasi untuk mengambarkan apa yang sedang anda jelaskan misalnya konsep tambah, kurang dan bagi.
5. Latihlah kecepatan untuk Visualisasi dan kemampuan merekam gambar .
a. Latihan tahap dasar visualisasi; misalnya membayangkan sebuah aktivitas yang dilakukan seperti; berangkat ke sekolah, mengerjakan sesuatu dirumah dsb, persis seperti proses hipnoteraphy. Bayangkan kamu sekarang malangkah menuju lemari es, bayangkan sekarang kamu buka, tolong ambilkan mama jeruk dan susu, kemudian tuangkan susunya kedalam gelas, bawa gelas berisi susu dan jeruk itu ke kamar mama. Jika anak anda sudah bisa mengulangi prosesnya secara runtut artinya dia sudah mulai terlatih kemampuan visualisasinya.
b. Latihan tahap lanjutan visualisasi mengingat gambar; Minta dia melihat gambar dan anda sebutkan namanya; minta ia memejamkan mata; tanya apakah gambar itu sudah muncul di bayangan pikirannya.
c. Latihan Lanjutan Visualisasi mengingat Angka dan urutannya, Latihan ini dimulai dengan mengingat angka 1 s/d 10 satu demi satu, perlihatkan gambar angka 1 s/d 10 satu persatu, kemudian setelah ia berhasil mengingatnya minta anak anda untuk mengurutkan dari depan kebelakang, setelah itu minta ia mengurutkannya dari 10 ke 1, jika berhasil maka dia sudah mulai terlatih untuk menggunakan kemampuan unggulnya.
d. Latihan Lanjutan Visualisasi mengingat Huruf dan urutannya, Latihan ini dimulai dengan pengenalan huruf satu demi satu; dengan metode mata terpejam, apabila ini sudah terekam maka mintalah anak anda untuk mengurutkan 10 huruf pertama dari depan dan dari belakang. Terus berlanjut.
-------cici-------------cici--------------cici---------------------cici-----------------------cici----------------cici--------------------cici----------------------------
BAGAIMANA CARA BELAJAR ANAK-ANAK YANG DOMINAN OTAK KANAN
Anak-anak yang didiagnosa ADD, ADHD dan Learning Disability mempunyai cara berbeda dalam belajar. Anak-anak tersebut pada umumnya lebih dominan otak kanannya sehingga membutuhkan cara belajar berbeda dari anak-anak yang dominan otak kirinya. Bagaimana cara belajar dengan anak-anak yang dominan otak kanannya? Mari kita coba langkah-langkah dibawah ini (yang membutuhkan pemahaman lebih dari kita para orang tua dan pendidik lainnya):
1. Ajak anak untuk bekerja sama. Anak-anak yang dominan otak kanan lebih peka perasaannya, oleh karena itu mulailah belajar dengan meminimalkan tekanan terhadap anak. Hal ini sangat penting untuk meningkatkan rasa percaya dirinya. Tegaskan bahwa apapun yang terjadi pada ananda, anda akan tetap menyayanginya. Jangan ragu dan malu untuk mengungkapkan kasih sayang pada anak. Ayah dan ibu menyayangi kamu karena kamu adalah _________ (isi dengan nama ananda).

Setelah menguatkan rasa percaya dirinya, lakukan pendekatan kepada anak dengan kata-kata yang jauh dari kesan menyuruh. Sikap orang tua yang santai dan bersahabat akan menjadikannya tahu bahwa tidak ada agenda khusus dan tidak ada harapan tertentu.Rudi, habis makan malam nanti kita membaca bersama yuk? Berduaan? (misalnya). Atau jangan menanyakan sesuatu pada anak dengan nada putus asa seperti :Apakah kamu sudah belajar? atau Apa PR mu sudah kamu kerjakan?. Pertanyaan pertanyaan ini akan membuat ananda semakin menjauh dari kegiatan tersebut(belajar-mengerjakan PR) karena secara tidak sadar kita telah menghakimi mereka.

2. Jangan mengkritik anak anda (hargai setiap usahanya)Jika ananda membuat kesalahan, jangan langsung di salahkan pada saat itu. Waktu Yang tepat untuk mengoreksi kesalahan mereka adalah ketika dia sudah merampungkan tugasnya. Pujilah mereka secara proporsional . Pujian haruslah bersifat spesifik dan sesuai dengan kemajuan yang sudah dicapai. Misalnya Alhamdulillah, abang keren lhoibu sangat senang karena abang sudah bisa lebih focus. Hindari memuji yang meskipun itu baik tapi akan dianggap sebagai beban oleh anank seperti, kamu genius sekali nak atau Kamu pasti jadi juara kelas tahun ini atau ayah senang , kamu sudah berusaha mengerjakan soal matematika itu.

Balaian positif sangat penting bagi anak-anak yang cenderung menggunakan otak kanannya karena mereka akan lebih merasakan. Berbeda dengan anak dominan otak kiri, mereka cenderung tidak menghayati kritik karena mereka lebih logis menerima koreksi dan saran tanpa memasukkannya ke dalam hati.

3. Berilah tantanganAnak dominan otak kanan memang tidak suka dikritik, akan tetapi mereka suka tantangan. Hal ini juga dimaksudkan untuk membangun keyakinannya. Jauhkan anggapan negative kita tentang mereka. Contoh, memberikan soal matematika kelas 5 kepada anak kelas 4. Anda hanya perlu mengatakan Ini memang sulit, oleh karena itu jangan takut salah. Kebanyakan orang juga pernah salah, tapi cobalah.

Salah satu riset menunjukkan bahwa ketika anak dengan dominan otak kanan dihadapkan dengan tugas-tugas sulit, mereka bisa sangat focus yang memungkinkan mereka untuk memvisualisasikannaya.

4. Memilih tempat yang tenang dalam belajarUntuk alasan yang sudah sangat jelas, tempat ideal untuk anak ADD ketika belajar adalah tempat yang paling minim gangguannya. Jauhkan TV, telphon, bahkan saudara-saudaranya ketika anak mulai untuk belajar. Jadi pastikan kegiatan belajar itu anda lakukan berdua yang cukup 10-15 menit setiap harinya dan konsisten.

Pada anak yang mengalami gangguan konsentrasi, kurang porsi nonton televise terutama 1-2 jam sebelum tidur. Karena apa yang dilihatnya sebelum tidur akan menguras konsentrasi mereka untuk memvisualisasikan apa yang telah dia lihat kedalam benaknya sehingga kadang itu semua menyebabkan anak sulit untuk memulai tidur.Ganti ritual nonton tv dengan bercerita atau bimbingan untuk memahami satu topik tertentu.

5. Jangan memaksanya duduk diamTerutama untu anak-anak yang hiperaktif, mereka betul-betul perlu bergerak untuk berfikir. Mereka masih bisa mendengarkan dan sekaligus belajar saat mereka berjalan-jalan.Yang dibutuhkan anak-anak dominan otak kanan tidak saja kurikulum yang relevan dan penyajian yang menarik (dengan berbagai alat dan warna). Namun anak-anak yang biasa disebut ADD/ADHD ini membutuhkan stimulasi lebih dalam belajar disbanding anak-anak lainnya. Karena kalau mereka tidak mendapatkannya mereka akan berupaya menciptakan dan membuat stimulasi mereka sendiri (yaitu lewat prilaku hiperaktif)

6. Berilah dia gambaran besarnyaAnak dengan dominan otak kanan belajar dari yang umum ke yang khusus. Anak ADD perlu mengetahui tujuan akhirnya sebelum member petunjuk-petunjuk bagaimana caranya. Contoh: Untuk mengilustrasikan konsep tentang volume maka isilah sebuah botol sebelum mengajarkan rumus volume V=panjang x lebar xtinggi.

7. Ajari membuat gambar dibenaknyaAnak yang cenderung menggunakan otak kanan memiliki daya ingat dan kemampuan visual yg bagus. Hal ini bisa kita manfaatkan untuk menanamkan konsep tentang sesuatu. Sebagai contohuntuk melatih ingatan anak tentang sesuatu, berilah kesempatan padanya untuk memvisualisasikan instruksi atau materi pelajaran kedalam benaknya terlebih dahulu. Misalnya untuk mengajarkan konsep tentang cirri-ciri makhluk hidup. Bimbing anak untuk memejamkan mata ketika kit mengatakan cirri-ciri makhluk hidup itu adalah : bernafas (anak diminta membayangkan ketika dia bernafas, dansebagainya.

(Dirangkum dari buku: Anak Berotak kanan didunia yang berotak kiri, Jeffery Freed, M.A,T., dan Laurie Parson)

sumber: copas ayah edy dan lain2nya (lupa)
https://www.facebook.com/notes/mbak/anak-dengan-otak-kanan-ciri-ciri-dan-cara-membantunya-dalam-belajar/878856582129676/


last update : 27 Dec 2015
 

 
makan 'Authentic Italian Pizza' ga usah ke Italy
Gak pake passport atau ajukan visa, uda cuss ke tanjung barat aja… uda ada pizza asli Italy… yang bikin aja chef orang Italy, namanya Chef Max..
 
 
 
 
All Post

 
🐲🐲🐲
新年快樂, 恭喜發財
身體健康, 萬事如意
Welcome the year of Dragon

🧧🧧🧧
”Hati manusia memikir-mikirkan jalannya, tetapi Tuhanlah yang menentukan arah langkahnya.“
‭‭- Amsal‬ ‭16‬:‭9‬ ‭TB‬‬ -

🏮🏮🏮
Belajar untuk ga kuatir apa yang akan terjadi, karena TUHAN yang pegang masa depan kita… baik kesehatan, rejeki dan lainnya…
read more
 
Another bucket list checked !!!
Yes! It's helicopter ride...
read more
 
Yang katanya legendaris di Singapore dan konon pelopornya kopi dengan butter....
read more
 
Gara-gara youtube sering ada neh, ga tau namanya apa, tapi kalogue bilangnya 'Popia Singapore'
read more
 
Sebagai penggemar choipan, ada info choipan enak pasti dicari dong.... Waktu sampai lihat dari tampak depan sih rumah biasa.... dan tidak ekspektasi banyak tapi ternyata.....
read more
 
Once again semua karena sosial media.... karena itulah kemari berdua dengan teman...
read more
 
Pas lewat... kayaknya resto baru buka nih, biasanya ga ada ini resto... cuss lah kita cobain...
read more
 
Entah sudah berapa kali lewat, tetapi tidak pernah kepikiran untuk mencoba, ga pernah ramai... tetapi karena referensi teman yang katanya enak banget, jadilah gue mampir..
read more
 
emang sih jadi orang tua ga ada buku panduannya... tapi se-enggaknya buku ini membantu
read more
 
Posisi amigos ... alias Agak MIngir GOt Sedikit, tapi jualannya pakai topping ayam kampung nih
read more
 
Tampak luarnya gak pernah keliatan ramai banget, tapi penasaran juga sih yang katanya khas Palembang
read more
 
Sebenernya gampang dicari, cuman agak ketutup 'papan nama' aja ya sama parkiran mobil.
read more
 
next

 
 

 


Apa yang kita perlu, itu yang DIA berikan

Tetapi seperti ada tertulis: "Apa yang tidak pernah dilihat oleh mata, dan tidak pernah didengar oleh telinga, dan yang tidak pernah timbul di dalam hati manusia: semua yang disediakan Allah untuk mereka yang mengasihi Dia." (1 Korintus 2:9). Ayat ini mungkin sudah sering didengar, dibacakan, tapi apakah sering kita sadari atau rasakan? Setiap pagi aku dan suami meng
 
read more